cerpen yang aku tulis sendiri . mencoba !

Posted by Rieza Devi Anggraini | Posted in | Posted on 21.02.00

0

Arti cinta



Bermula dengan,,

Rabu 08 Desember 2006, Aurora yang sedang menulis,duduk di bangku perpustakan favoritnya PERPUSLPUHLY “ tersentak, karena mendengar seseorang memanggil “ Heh Cewek “. kata lelaki itu. Dengan tampang kesal ia tetap menengoknya “ Kenapa ?“. kata Aurora, “kata cewek itu ID card gw ada di bawah meja lo, ambilin kartu ID Perpus gw donk di bawah meja lo”. Aurora dipandangi banyak orang karena suara lelaki itu, dengan terpaksa Aurora mengambilnya. ”Nih kartu ID lo, tolong dong kalo mau minta tolong sopanan dikit ya!”. dengan wajah kesal, ia berikan kepada pemiliknya.


Latar cerita..

Ohya,Aurora itu cewek yang seneng banged ke perpustakan,kenapa? Karena menurutnya tempat yang bebas dari omongan temen-temennya tentang cowok dan memang kebetulan ia suka banged baca dan nulis puisi.Ola ( nama akrabnya ) anak satu-satunya dalam keluarga, ia keluarga yang bercukupan, tapi untungnya ga BROKEN HOME, karena Mama kerja jadi penanam saham , mba, dan kelinci kesayangannya “ Oli ” selalu ada di rumah. Ayahnya bekerja dan mempunyai peranan penting di Perusahaan terkemuka Bandung.Ia tumbuh jadi wanita yang pintar tetapi cuek dan lebih parah lagi “ JOROK “ Jomblo dari orok, padahal sekarang ia sudah kuliah semester 5, bukannya ga laku tapi ga mau pacaran,karena banyak ga tau apa dan lebih parahnya ga penting untuk ditanyakan katanya ! ‘n’


Kembali Bermula dengan,,

Setelahnya lelaki itu langsung duduk di depan bangku Ola, dengan wajah menyebalkan, ia memperkenalkan dirinya “ Hai gw radith,lo siapa ? “. Karena posisi Ola malu akan kejadian tadi ia menanggapinya “ gw Ola “. Radith langsung duduk disebelahnya dan mengajaknya berbicara,entah kenapa lama-lama Ola lupa akan Radith yang menyebalkan. Ola seakan asik dengan obrolan yang Radith bicarakan . Sejam telah berlalu.. Waktu memang selalu menghentikan semua peristiwa dan tidak ada satu orang pun yang bisa menghentikannya. Tetapi disela-sela obrolan mereka Radith sempat meminta nomor handphone Ola, dan Ola memberikannya. Ola berfikir tidak mungkin lagi ada waktu dan kondisi yang dapat mempertemukan mereka.

15 hari kemudian… ( 23 Desember 2006, hari Minggu )

Selama 15 hari ini entah kenapa Ola selalu teringat akan kejadian memalukan yang Radith lakukan, tetapi Ola selalu menghentikan pemikirannya. Sampai akhirnya hari ke-15 setelah mereka bertemu, Radith menghubungi Ola. Ola sempat tidak percaya karena entah kenapa hatinya gembira dan deg-degan untuk mengangkat dan berbicara dengan Radith dihandphone. Ternyata Radith meminta untuk bertemu Ola kembali hari Selasa di Kemang Café. Dan tanpa disadari, entah kenapa Ola menyetujuinya.
Selama 2 hari berjalan Ola memepersiapkan segala macam hal untuk bertemu Radith kembali,








23 Desember 2006, hari Minggu

Akhirnya Radith dan Ola bertemu, Keadaan telah berubah, Ola sangat senang dapat melihat Radith kembali, tetapi entah kenapa Ola merasa Radith berubah. Ia tidak lagi lelaki yang asik untuk diajak mengobrol, ia hanya dapat berdiam diri. Radith,” lo kenapa ?” kata Ola. “ Oh,ga apa-apa kok La, Cuma lagi bete aja “. kata Radith. Segala macam pernyataan dan pertanyaan telah ia keluarkan dari mulutnya, tetapi keadaan tetap tidak berubah. Sampai akhirnya Ola merasa Radith capek mendengarkanya. “ Dith, lo bete kan?, kita pulang aja deh ! “ kata Ola. Ternyata jawaban Radith membuat Ola kaget “ Yaudah deh “. Padahal Ola bermaksud agar Radith sadar kalau ia sudah jenuh akan keadaan Radith yang tidak perduli akan cerita-ceritanya.

Selama 2 bulan Ola dan Radith berpisah kembali dan hilang komunikasi, Ola tetap menunggu suara Radith yang biasa menghubunginya. Entah kenapa ia baru tersadar kalau akhir-akhir ini setelah pertemuan itu, ia jadi terus memikirkan bayangan Radith dan tanpa disadarinya Ola menyukai Radith…. Baru pertama kalinya Ola merasakan sesuatu hal yang berbeda terjadi di hatinya.. Perasaan BENCI akan sifat Radith dan terus tumbuh dan tanpa disadari pun Ola menyukainya. Tetapi saat ini ia merasa bersalah, kenapa ia harus merasakan hal ini terhadap Radith, lelaki yang sejak pertama kali bertemu telah membuatnya jenuh akan sifatnya yang kekanak-kanakan, dan ternyata ia rindu akan sifat itu. Sampai sekarang pun ia tidak tahu bagaimana kabar Radith dan Ola merasa Radith mulai menjauhi diri darinya.

3 bulan kemudian, tanggal 24 Maret 2007, hari Sabtu

Ola memberanikan diri untuk pertama menghubungi Radith ( karena selama 3 bulan ini ia tidak pernah dan tidak berani menghubungi Radith ) Ola menunggu nada tunggu Radith ” Laguku “ ( Ungu ), sampai 5 kali Ola telah menyerah dan ingin menghentikan panggilannya, tetapi sebelum ia menghentikan telepon, Radith menjawab “ Ola yah sori tadi gw dari kamar mandi tumben lo telepon gw “. Dan Ola hanya dapat terdiam, entah kenapa ia merasa malu untuk berbicara dengan Radith. “ La, kok diem aja?”, Kenapa lo ada masalah“. Ola menjawab “ Oh ga kok Dit, gimana kabar lo? Sombong amat ga pernah contant-contact gw lagi“. “ Sori deh La, gw sibuk kuliah, banyak tugas! kan gw udah mau skripsi”. kata Radith. “ Ohya gw lupa ( Ola mencoba mencairkan suasana ) sekarang lo sibuk ga nie ntar gw ganggu lagi, ketemuan yuk ada yang maw gw omongin ma lo “. “ ketemuan! Oke deh, gw juga kangen sama lo buat berantem n ngobrol-ngobrol lagi,hhehhe “. kata Radith. Telepon pun terputus. Ola membuat janji dengan Radith hari Selasa jam 1 siang di Kemang Café.


Selasa, jam 1 siang tanggal 27 Maret 2008

Mereka bertemu kembali, Ola amat senang dan ia berharap dapat memberitahukan tentang perasaan yang tumbuh di hatinya selama ini. Selama mereka mengobrol, Ola semakin yakin akan niatnya karena Radith kembali seperti yang dulu ‘ Radith yang selalu reseh, selalu berbeda pendapat dengan Ola, lucu, tetapi perhatian dan baik hati. Selama detik-detik Ola mempersiapkan diri, Radith membuat Ola mengurungkan niat untuk berbicara karena “ Ola, lo taw gag gw jadian sama cewek yang waktu itu ngasih tau gw kalo ID Card gw jatoh di tempat lo, di temapt pertama kali ketemu”. Entah seperti apa wajah Ola pada saat ini hatinya hancur berkeping-keping, dan tanpa disadari air matanya jatuh di pipinya. Karena ingin menyenangkan hati temannya Ola pun tersenyum “ La,lo kenapa kok nangis. Gw salah ya cerita sama lo atau jangan-jangan lo punya masalah lagi, cerita donk La. Kita kan temen “ kata Radith. “ oh ga kok,gw tuh nangis bahagia karena temen gw akhirnya nemuin cewek yang dia cari selama ini, iya kan?” kata Ola. Ola hanya dapat mendengarkan Radith bercerita tentang Devi ( wanita yang telah menjadi pacar Radith ). Hati Ola sakit, sedih, rapuh dan perih.. “ La,gw harus pulang cepet, jemput Devi di tempat lesnya,bdw perasaan lo bilang ada yang maw lo omongin sama gw “ Apa ya?” kata Radith. Ola menjawab “ Oh ga, gw cuma maw kasihtaw aja puisi gw udah diterima sama tempat penerbitan buku yang waktu itu gw titip di “ perpusluphly “. Yaudah lo maw jemput kan kita pulang aja yuk “. Radith meminta Ola agar ia dapat mengantarkannya. Selama perjalanan pulang di mobil Radith berkata “ La, gw ga nyangka karena “ PERPUSLPUHLY ”, gw bisa ketemu lo, kita sempet berantem n lebih ga nyangka lagi akhirnya kita bisa temenan, dan akhirnya juga gw bisa buktiin ke temen gw kalo ga semua perselisihan atau bisa dibilang benci jadi cinta malah jadi temen, iya kan?”, “ Oh iya dit,gw juga seneng banged berkat perpusluphly gw ngerti tentang cinta, temen, dan benci ” kata Ola. Radith bingung akan pernyataan Ola“ lo, ngomong cinta paan sih “. “ hhhee,,maksud gw cinta antara lo n devi,benci antara kita dan sekarang jadi temen ”iya kan?” kata Ola. Maka dari itu lo harus inget gw akan selalu sayang sama lo kalo nantinya udah ga ada orang lagi yang sayang sama lo, gw yakin nantinya lo pasti bisa ngedapetin cowok yang super baekkkk buat loo,oke…” ucap Radith. Doain aja ya dit, thankz karena lo udah ngajarin gw tentang semuanya. Kata Ola
“Gw pasti akan kabar-kabarin lo n inget gw yang akan selalu sayang sama lo, oke.” Kata Radith. Ola langsung berlari ke kamarnya dan memeluk Oli “ Oliiiiiii…. Ola baru sadar kalau cinta Ola bertepuk sebelah tangan dan Ola salah paham sama perhatian Radith, kenapa harus Radith yang Ola suka Oliiii…. Ola sedih banged,hikz….hikiz…hikz…..hikz…. selama 2 jam Ola hanya dapat menangis di dalam kamar, mamanya pergi dan ayahnya belum pulang kerja. Setelahnya , Ola mencoba menghapus air matanya dan belajar menerima untuk pasrah akan takdirnya ..pertama kalinya bagi Ola untuk benar-benar menyukai seseorang tetapi harus PATAH HATI…..
7 hari kemudian, tanggal 4 April 2007, hari Rabu

Ola menjadi lebih bersemangat untuk datang ke kampus, dan ia tetap komunikasi dengan Radith. Entah kenapa tiba-tiba ada sms dari Rizky tentang pertemuan Reuni SMP.. Ola berniat akan datang untuk bertemu dengan teman-temannya.
isi sms :
“ Tanggal 8 April 2007 di Rumah Rizky jam 7 malam,Dresscode : “ Love for Red “.


Tanggal 8 April 2007, Rabu. rumah Rizky jam 7 malam
Acara dimulai, Ola dating dan disambut dengan teman-temanya. Ola merasa bahagia karena ia dapat bertemu dengan teman-temannya,khususnya Nesi ( teman baiknya sewaktu SMP dulu yang sempat lost contact ) mengajaknya bertemu dengan Rizky ( Tuan Rumah dari acara ini dan lebih parahnya Ola lupa dengan wajah Rizky) Nesi mengajak, dan menggandengnya “ Riz,lo masih inget ga sama Ola “ kata Nesi.
“ Bentar, ini Ola yang dulu sombong itu “ kata Rizky. Ola mengelak “ Eh, sori ya gw lupa lo rizki mana? tapi inget semua orang itu bisa berubah kapan aja jadi jangan langsung ngecap gw sombong Okey” kata Ola.
“ iya, emang udah ga cengeng cuma masih aja galak tapi kok sekarang jadi manis ya!. Semua orang menertawakan Ola termasuk Nesi “ Terserah “….Dia nyebelin banged sih,kata Ola.Ola merasa benci akan kata-kata Rizky dan ia langsung merasa malas, jadi ia langsung pulang ke rumahnya.
Besok paginya ada 1 sms masuk :
“ 081514295847” huy Ola galak tp manis gmna dah enakkn? kok kmrn plang gtu aj c, kasian nesi nyriin lo n dy blk sndr.. salam Rizky ^,^ ”
Uh apa sih anak! pasti taw dari Nesi, tapi gmana ya kemaren Nesi wah gw lupa “ kata Ola. Ola baru ingat karena kekesalannya kemarin, Nesi ia tinggalkan begitu saja. Karena rasa tidak enak Ola sms Nesi :
“ Nes, sori yuph kmrn w ninggln u,cz’a w dah males ma Rzq..”
tidak lama balasan dari Nesi terkirim :
“ Oh gpp kuk,tnang sajah..bdw ad sms gag dr Rzq,,kyak’a dy naksir sm lo tuh ,,,slma acr brlngsung dy nnyn lo truz,,mpe capek gw jwb’a..uhh….hhhee”
Akhirnya sms anatara Ola dan Nesi pun terjadi
Ola : akh apaan c u…. g x biasa j.n lg pula jg w eneg ma dy..
Nesi : eh,ht2 lo eneg jd enak..ntar lo doyan La,jangan benci-cenci amat lo ma dia. Antara benci dan cinta
itu bedanya tipis mba…hhhaa, inget gag dulu lo doyan mampus ma dy..n mpe skrg tuh ank ttp
diidam idamkan byk cwe,,gw jg maw..hhuuu xp
Ola : masa c,gag mgkn bnr w doyan ma dy,ngarang u akh…bdw emg dy naq mn?
Nesi : cie nnya2 kn…dy naq poltek jrsn elektro,,sekmpz ma lo x mba… n dy dh lama doyan ma lo,cm ga
brani ja.n dy tkut lo g suka ma dy,makanya kmrn dy kyk gt,sbnr’a mah bae x..g prcy lo dl doyan ma
dy,ingt lg deyh dlu lo pggl dy Ridana,mpe lo nulis undgn wedding RR…hhha ingt gag,udh lo klo diajk
jln mw ja okehhh..mang lo g nydr 1 kmpz..”
Ola : hhhhaaa apaan 1 kmpuz……kga nydar x,,elektro jiahh w gtw…ohya w bru nyadar klo w emg smpt
ska ma dy..tapi skrg ga x,n itu ka cinta monyet,skarang mah ga banget… NOTHING!@!!!!! =(//”
Nesi : yakin kau… kmrn j smpt trpana ngeliat’a krna dia nyebelin aj jd lo blk. pdhl nysel k?..hha udh tng j dy
sk tuh ma lo.. ok ksmptn jgn dibuang lgmpe kpn lo g mw pcran,,udin akh akh w mndi dlu..dduuu
OlanyRzq

Entah kenapa sms itu membuat Ola berfikir sebentar, dia baru sadar kalau Rizky lelaki yang sempat ia sukai sewaktu SMP,ia tertawa geli mengingat kajadian kemarin. Memang diakui Ola, Rizky membuat ia terpana karena tubuh dan wajahnya yang oke. Dan ternyata kata-kata Nesi benar , besok Rizky mengajak Ola bertemu dan pulang bersama dari kampus.. Ola menerimanya. Selama waktu berjalan ia berfikir kembali takut akan kejadian ke-2 terulang lagi.. tetapi ia ingat akan kata-kata Nesi “ok ksmptn jgn dibuang lg…mpe kpn lo g mw pcran” dan ia harus positive thinking akan hal ini. Dan memang benar Rizky selama ini selalu memperhatikannya dari jauh dan juga ia bukan cowok yang menyebalkan melainkan lelaki yang mempunyai persamaan hal yang banyak dengannya, seperti hobby menulis puisi, olahraga basket, alergi debu dan menyukai warna merah.. Telah 8 hari Ola lewati bersama Rizky pulang dan makan bersama. Tiba-tiba bersamaan dengan Rizky, Radith menelpon Ola, Ola sempat tidak enak ingin mengangkat telepon dari Radith, tetapi karena ia ingin bercerita tentang Rizky, Ola angkat handphonenya. Ola mengajak Radith bertemu kembali. Setelah menerima telepon dari Radith, Rizky melihat Ola, dan tanpa sengaja Ola mengucapkan sesuatu hal yang seharusnya tidak dia ucapkan pada saat itu “ Oh iya, tadi bukan siapa-siapa kok, cuma temen aja”. dengan tampang aneh dan malu ia langsung diam “ Oh gitu ya” . Sebenarnya Rizky senang akan perkataan Ola tadi. Tanggal 17 April 2007 adalah hari yang menyenangkan bagi Ola. Karena Rizky mengucapkan kata-kata yang Ola tunggu selama ini “ La, gw mau ngomong sama lo, tapi lo jangan marah n kalo lo gag suka kita tetep temenan yah “. Ola sudah deg-degan, cemas dengan apa yang iakan dikatakan oleh Rizky, “ La, kamu mau jadi cewek aku ga, aku sebenarnya udah lama banged suka sama kamu. Cuma slama ini aklu belom berani dan perlu kamu tau aku bercanda pas pertama kali ketemu, aku ngebuat kamu sebel sama tingkah laku aku”. Hati Ola sangat bahagia dan dia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, “ Riz, lo suka sama gw,bener? Gw juga suka sama lo dari smp cuma ga taw kenapa gw sempet lupa sama prasaaan gw,dan ternyata gw baru sadar kalo gw juga suka sama lo.gw mau kok jadi cwe lo” kata Ola.

Hari itu ia bertemu langsung dengan Radith, membawa Rizky dan ia juga memperkenalkan Rizky kepada Radith sebagai Lelaki Hatinya. Rizky mengerti mungkin jika ada ia didekat mereka, suasana antara pertemuan teman lama jadi kurang nyaman. Radith ikut senang akan hal itu, tetapi Radith bermaksud mengucapkan salam perpisahan kepada ola untuk pergi melanjutkan studi ke luar negeri juga memberitahu Ola kalau selama ini ternyata Devi hanya memanfaatkannya, Radith memberikan surat kepada Ola dan Radith berkata “ tolong baca surat ini pas lo udah di rumah n sndri. Dan inget kata-kata gw slama ini gw yang akan selalu sayang sama lo disaat udah ga ada lagi yang sayang sama lo, iya?” ucap Radith untuk terakhir kalinya di Indonesia. Entah kenapa Ola seperti dijatuhkan Air hujan yang sangat keras tepat di atas kepalanya “ sesak dadanya dan ia hanya bisa mengucapkan “ iya,kabarin gw ya dith.Bye”
Riz,thankz lo udah ngebolehin gw untuk ngomong berdua sama Ola “ inget lo harus janji ga bakal nyakitin n selalu jaga Ola, karena ato gag w yang ngegantiin lo” hhhee kidding”..
Ola hanya bisa melihat tubuh belakang Radith sampai menjauh..

“ buat Ola “
Cewek yang tengil dan baik hati pertama kali gw temuin di Perpusluphly, karena Devi aku bisa berkenalan denganmu “ ID Card” jatuh tepat di bawah meja mu, lewat perkenalan nama “ Ola dan Radith “ aku jadi mengenal akan benci menjadi teman yang baik hati. Semua cerita kita lewati bersama sampai suatu saat engkau meminta bertemu denganku, disaat itu aku hanya bisa terdiam dan mendengarkan ceritamu karena aku sedang mencari keburukanmu untuk tidak terus menyukaimu. Aku berbohong tentang adanya hubungan yang terjalin diantara aku dan Devi, padahal semua itu tidak pernah ada. Karena aku tidak ingin engkau tahu selama itu aku menahan dan memendam perasaan itu sendiri, aku takut akan gagalnya aku untuk dekat denganmu.. Karena aku yakin aku tidak sanggup menjagamu dan menjadi sandaran hatimu,,aku hanya ingin tetap bersamamu sampai tidak adanya kata putus di dalam suatu hubungan..
Aku menyukaimu…
Karena perpusluphly,,,menjadi benci..teman,,,,dan cinta yang terpendam//
Ola aku akan selalu menyayangi kamu sampai suatu saat sudah tidak ada lagi yang sayang denganmu…..

Penggemar rahasia terbesarmu “ Radith ”


Dunia seakan hancur lebur, aku tidak tahu harus bahagia ataupun sedih…” kenapa lo gag ngomong sm gw Radith,, gw juga suka sama lllllo tapi gw yakin pasti ini ada hikmahnya dan mungkin emang bener kalo kita jadian lo ga akan selalu bisa sayang sama gw,,karena ada kata putus ” ucap Ola. Dia hanya dapat memeluk surat pemberian Radith dan belajar untuk terus dapat menyukai dan lebih menyayangi Rizky agar benar benar dapat mencintainya dengan tulus…

Ungkapan penulis :
Cinta itu memang seperti jerawat, jika dipendam sakit dan jika di pencet sakit..menurut Ola tentang Radith
Cinta itu memang strawberry yang asam tapi manis, karena biasanya yang membuat kita sakit didekatnya itulah yang membuat kita senang didekatnya. menurut Ola tentang Rizky
Tetapi semua itu tergantung bagaimana cara orang menyikapi perasaannya itu sendiri..
Dan tidak juga semua cinta strawberry selamanya akan menjadi manis, seperti kata pepatah antara BENCI DAN CINTA..perbedaannya sangat tipis… Tidak semua Musuh sejati menjadi Cinta sejati ,,tetapi dapat juga menjadi teman yang sejati….
Cintailah orang yang mencintai kita apa adanya dan mengerti akan kekurangan dan kelebihan kita… karena tidak ada satupun di dunia ini yang sempurna
Dan menurutku cinta tidak hanya terjadi pada 2 insan lelaki dan wanita, itu dapat terjadi antara anak dan orangtua, sahabat, teman, guru. Antara cinta dan sayang, chaza lebih suka seseorang yang mengatakan sayang kepada ku, karena rasa sayang tidak ada batasan dan akan sejati di hati masing-masing, sedangkan cinta dapat dikalahkan dengan pahlawan rasa sayang. Sedangakan Temanqu memberitahuku “ belajarlah untuk menyanyangi dan mencintai orang yang menyayangi kita ”….


Write by : cHaZa_8 ( keeps creative n trust with ur personality n ur skill )

Comments (0)

Posting Komentar


Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Increase Page Rank